Sejarah

Sejarah

Rumah Sakit Tk. II Moh. Ridwan Meuraksa adalah Rumah Sakit Kesdam Jaya. Nama Moh. Ridwan Meuraksa diambil dari salah seorang perwira kesehatan  Tentara dari Resimen VI Brigade Kian Santang / Siliwangi 21. Terletak di Jl. Kramat Raya No. 174 Jakarta Pusat. Didirikan pada tanggal 25 Mei 1972 dan Disahkan nama Moh. Ridwan Meuraksa sebagai nama Rumkit pada 26 Oktober 1974.

Sampai saat ini status tanah yang diatasnya berdiri Rumah Sakit Tk.II Moh. Ridwan Meuraksa adalah milik PT. Kerta Niaga dan Yayasan Mahrie Wahid dengan Luas Tanah 15.936 mdan Luas Bangunan 5.196 m2. Rumah sakit ini direncanakan akan dipindahkan ke Jakarta Timur di daerah Pinang Ranti.

 Almarhum Mohammad Ridwan Meuraksa berasal dari Aceh. Ayahandanya adalah teungku Abdussalam dari Meuraksa ulama terkenal di Aceh dan menjadi anggota DPRD yang pertama di daerah itu. Ibunya bernama Sjamsiah binti Teungku Syech Ibrahim Lambhu. Almarhum Mohammad Ridwan Meuraksa dilahirkan pada tanggal 25 Maret 1922. Almarhum merupakan seorang anak baik, sabar dan suka bernyanyi dengan suaranya yang merdu.

Ia menyelesaikan sekolah HIS Muhammadiyah di Kutaraja (tahun 1928-1935) lalu melanjutkan ke Gouv, Mulo (SMP Negeri) dan melanjutkan pendidikan dokter di NIAS Surabaya (tahun 1939) namun terhenti karena meletusnya PD II, sehingga terhenti pada tahun 1942. Pada masa pemerintahan Jepang dibukalah Ika Daigaku (Sekolah Tinggi Kedokteran) yang menggabungkan GHS dan NIAS.

Almarhum mengikuti pendidikan ini pada tahun 1943-1945, namun tak sampai lulus karena ditangkap oleh Pemerintah Belanda selama beberapa hari di penjara Glodok, tetapi oleh Pimpinan Tinggi Kedokteran Prof.Dr.Soetomo Tjokronegoro bahwa Mohammad Ridwan tercatat sebagai mahasiswa yang sedang mengikuti kuliah sehingga dapat dibebaskan.

Dalam tugasnya sebagai Perwira Kesehatan Resimen VI Brigade Kian Santang/Siliwangi di Cikampek/Karawang. Drs.Med. Moh Ridwan Meuraksa meninggal dalam tugasnya di Gunung Batu (Jawa Barat ) pada tanggal 21 Januari 1948. Atas prakarsa Komandan Puskes AD, diusulkan untuk memberi nama Perwira Kesehatan TNI-AD Moh. Ridwan Meuraksa, Kapten Anumerta kepada Rumah Sakit Kodam Jaya dalam rangka pelestarian nama pahlawan yang gugur di medan bhakti dalam perjuangan  menegakkan Kemerdekaan Indonesia. 

Atas pengabdiannya dalam lapangan perikemanusiaan pada umumnya dan bidang kesehatan pada khususnya terhadap bangsa dan negara, maka  sesuai dengan Peraturan Pemerintah RI telah menganugerahkan Satya Lencana Kebaktian Sosial (No.252/5.68 tertanggal 20 Mei 1968) kepada Drs.Med. Moh. Ridwan Meuraksa (Almarhum). Dokter yang disampaikan oleh Menteri Kesehatan Prof. Siwabessy kepada ahli waris almarhum di sebuah upacara di Departemen Kesehatan.

Atas persetujuan Kepala Staf AD dengan ST/457/1974, maka dengan Surat Keputusan diresmikan sebagai RS. Moh Ridwan Meuraksa pada tanggal 26 Oktober 1974.

 

Profil & Layanan
Visi Rumah Sakit Muhammad Ridwan Meuraksa adalah Menjadi rumah sakit andalan ...
Artikel / Berita Terkini
09-Jun-2015
Merdeka.com - Mungkin tidak banyak orang Indonesia yang mengetahui akan apa itu kanker kolorektal, karena jenis kanker ini masih kalah ...
09-Jun-2015
Sahabat, tips kesehatan. Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk memulai aktivitas dan rutinitas yang akan dijalankan untuk kesuksesan ...
09-Jun-2015
Korea Selatan memastikan adanya lima pasien baru Middle East Respiratory Syndrome (MERS) sehingga jumlah total pasien virus tersebut ...
Peta Lokasi
Alamat
Jalan Kramat Raya No.174 Jakarta Pusat
Telepon : 021-3150535